April- Mei yang menggairahkan : Asep Sudrajat, S.Pd

Selesai tugas satu, kembali menunggu tugas lain. Tapi….. karena itu memang profesiku, aku enjoy aja menjalaninya, meski ada tugas lain yang super membutuhkan perhatian dan harus segera dilakukan, “Sertifikasi guru” yang selama ini kutunggu, bahkan oleh semua guru baik guru PBS maupun Non PNS.
Awal cerita beberapa hari yang lalu atau tepatnya satu minggu ke belakang aku mendapat panggilan dari salah satu teman yang juga adalah atasanku dalam organisasi guru bidang seni.
Adalah Dedi Sunandi, S.Pd yang saat ini menjabat Ketua MGMP seni Budaya SMP Kab. Garut memberitahuku akan adanya event yang melibatkan siswa SMP dalam sebuah ajang Festival dan Lomba yang bertajuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang akan dilaksanakan di Yogyakarta. So pasti aku senang mendengar hal ini, karena inilah bidangku, inilah duniaku, inilah yang selama ini aku geluti dan telah sanggup menghidupi keluargaku …………………….“ Seni”.
Singkat cerita kitapun para guru seni yang tergabung dalam MGMP Seni Budaya bertemu di lokasi yang sudah ditentukan, SMP Negeri 1 Garut.
Aku ingat hari itu adalah hari Selasa, tepatnya selasa tanggal 28 April 2009, pukul 14.00.
Saat aku tiba di lokasi, di sana sudah ada beberapa rekanku yang sangat aku kenal, ya …. tentu mereka adalah ahabat-sahabatku, saudara seperjuanganku dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan seni, Ada Pak Ayat, Pak Cucu, Pak Rahmat, Bu Inneu, Pak Sutisna, dan sang tuan Rumah, Pak Dadi Juahendi yang saat ini menjabat kepala sekolah SMP Negeri 1 Garut.
Beberapa saat kita bercanda, bersenda gurau (itulah khasnya guru seni kalau berkumpul), ini dilakukan sambil menunggu teman lain yang belum datang.
Lalu setelah beberapa saat, acara pertemuanpun dimulai. Bla…bla…bla……intinya acara Festival dan Lomba untuk Kab. Garut direncanakan tnggal 16 Mei 2009 bertempat di Gedung Bale Paminton, tapi karena saat yang sama gedung tersebut akan digunakan pihak lain, maka kami mencari alternative tempat, alternative pertama acara akan dilaksanakan di dua sekolah, SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Garut. Lalu aku mengusulkan untuk acara panggung di Gedung Bioskop Cikuray dengan alasan aku punya kedekatan dengan yang empunya tempat, jadi soal harga bisa nego, sementara semua setuju….deal, tinggal aku hubungi yang punya tempat. Tuntas.
Lalu kami sepakati untuk membuat jadwal temu selanjutnya, diputuskan tanggal 30 April usai siswa SMP melaksanakan UNAS hari terakhir.
Selesai jam 15.00 kami pamit, akupun nebeng teman baikku kang Dedi Sun yang kebetulan searah dengan tujuanku selanjutnya.
Tujuanku selanjutnya adalah menemui anak-anaku di Komplek Pertamina yang selalu sabar menungguku untuk les menggambar.
Sampai di lokasi les, ada sedikit waktu, lalu aku gunakan untuk shalat Ashar sebagai suatu kewajibanku, kewajiban seluruh Muslim dan Muslimin di sleuruh dunia tentunya, selesai shalat, ku lihat jam di HPku menunjukkan pukul 15.30. itu adalah waktu untuk anak-anakku. Lalu akupun berjalan ke lokasi les yang tak jauh dari lokasi mesjid, anak-anak menyambutku gembira khasnya mereka, Alif, Ariel, Zhe, Eki, Fadlah, Ulfah pun sibuk mempersiapkan diri, lalu kukeluarkan senjataku dari dalam tas hitamku (yang aku dapat di acara seminar sosialisasi Keputusan MPR yang dilaksnakan oleh Pimpinan Pusat MPR RI di UNIGA Garut), senjataku adalah kertas-kertas kosong ukuran A4, boardmarker tentunya untuk demo di papan tulis (white board) Duh senangnya hatiku lihat anak-anaku begitu riang gembira………….. ces… hilang capeku demi melihat kegembiraan anak-anak. Aku berharap semoga mereka selalu ceria dengan hidupnya, bersemangat dengan pekerjaannya.
Tak terasa, waktu menunjukkan pukul 17.30, dengan berat hati ku sampaikan pada anak-anak bahwa waktu tlah habis karena sebentar lagi magrib kan tiba….. berat … karena aku tahu mereka masih betah menggambar. Lalu merekapun berhenti. Lalu mereka memintaku untuk bermain sejenak dengannya, tebak-tebakan yu? Begitu ajaku : “Ayo” mereka serempak menjawab. Beberapa tebakan mengalir dari mulutku ganti berganti dengan mulut-mulut mungil anak-anaku yang lucu menyampaikan jawaban yang kebanyakan jawabannya salah (maklum anak-anak yang polos) bla….bla…bla.
Akupun pamit sambil berdo’a dalam hati, semoga anak-anaku selalu ceria, bahagia
Lho kenapa aku berpikir begitu jauh?
Tentu ada alasannya.
Mau Tahu? ……………….. sabar, di topic lain tentunya.
Aku pulang, Naik angkot, lalu turun di Jalan Ranggalawe, dialnjutkan jalan kaki kembali ke rumahku… lumayan, perjalanan kurang lebih 15 menit, lalu tiba di rumah, waktu Magribh tlah mendahului, akupun rehat sejenak lalu shalat.
Ach Usai tugasku hari ini.
Akupun istirahat………………Tidur………zzzz…zzzz……zzzz….zzzzz
Waktu yang sudah dijanjikan tiba, Kamis 30 April 2009.
Pagi-pagi aku berangkat kerja ke sekolah melayani anak-anakku yang sedang menghadapi ujian hari terakhir.
Saat anak-anak sibuk dengan pekerjaannya menyelesaikan ujian yang akan menentukan nasibnya, lulus apa tidaknya, akupun menyelinap (dengan izin kepala lho) Lho menyelinap kemana?………………………..
Hari itu aku punya tugas yang sama, mendidik anak-anak di SDIT Atikah Musaddad Alwasilah (aku juga mengajar Seni Lukis di SD) yang sudah aku geluti selama enam tahun berjalan.
Ternyata ada keasyikan sendiri bekerja menghadapai anak-anak SD, mereka lugu, mereka lucu, tapi diluar itu mereka juga punya semangat tinggi belajar melukis.
Tiba di SDIT akupun masuk ke kelas Utsman yang dapat ghiliran jam pertama, saat itu anak-anak sedang bekerja dengan kertas dan krayonnya (ternyata aku kesiangan masuk, maklum……) selesai itu akupun bergegas kembali ke tempat tugasku di SMP (padahal watu itu seharusnya aku masuk ke kelas 2 Abu Bakar, tapi aku pamit dulu ke Pak Warso (wakil Kepala sekolah) lalu akupun bergegas berjalan menuju SMP yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh ( kurang lebih 300 meter) Sampai di tujuan akupun bekerja kembali sampai usai jam 11.30. Semua tamu pengawas silang pulang dan dapat uang, akupun dapat pencairan honorku sebagai sekretaris UNAS, ….lumayan….. buat biaya beli gas….
Akupun kembali bergegas ke SD lagi karena dua kelas sudah siap menungguku, kelas 3 Ibrahim dan kelas 3 Sulaeman…… singkat cerita akupun bebas tugas di SD jam 14.00
Tancap gas menuju SMP 1 Garut, kosong…… hanya petugas TU dan beberapa orang penjaga sekolah…..lho katanya pertemuan…apa gak jadi?……
Selidk punya selidik rupanya para kepala sekolah sang tuan rumah sedang ada acara di SMP 2 tarogong Kidul, dikompirmasi ternyata pertemuan dialihkan ke SMP 2 Tarogong Kidul. Padahal aku tidak bawa motor butuku. Namun Alloh Maha tahu, ada dua temanku yang sama-sama mau kumpul, satu bawa motor satu bawa mobil, so pasti aku ikut mobil dong. Brem ………. mobil berangkat.
Sampai tujuan… orang sibuk bolak-balik poto kopi. Ada Apa? …….
Rupanya informasi nominator guru peserta sertivikasi, akupun ikut sibuk foto Kopi, ternayata aku positif dapat panggilan dengan nomor nominative 67 dari 291 guru SMP negeri yang dipanggil, Plong…………. Lega rasanya….. Hore ………..harapan besar didepanku. Ya Alloh lancarkanlah urusan hambamu ini. Amin
Acarpun mulai… ada sesuatu yang baru ; (1) Tempat jadinya di Gedung Musaddadiyah (gak jadi dech di Gedung Cikuray, padahal aku sudah kondisikan dengan yang punya gedung), (2) Waktu dipajukan …. Wa wah apa pula ini?
Singkat cerita kitapun menyusun strategi, kita tentukan schedule………. Bla…bla…..bla…
Waktu beranjak, jarum jam menuju angka 16.00. Pulang.
Sebelum pulang , Pak Ayat merbaik hati memberi kami ongkos, lumayan dua puluh ribu buat naik angkot.
Aku dapat tawaran naik motor dari temanku, Pak Sutisna yang kebetulan arahnya sama, akupun naik motor ……. Sebelum ke tujuan akupun mampir ke tempat computer di mana aku simpan karena harus ku servis. Lalu akupun pulang naik beca istimewa ku duduk dimuka…….he…he…he…
Tiba di rumah pukul 18.00
Sholat…………… Istirahat………….zzzz……………..zzzzz……………zzzz

Jum’at, Subuh aku mulai sibuk membuat program kerja sebagai kewajibanku selaku sekretaris acara, hingga kira-kira pukul 10.00 pagi. Selesai draft akupun lapor ke penanggung jawab acara, Pak Dadi …bertemu dengan pak dadi ditemani Pak Amir sohibku semasa di kampus IKIP Bandung dulu, dapat informasi baru…………. Waktu pelaksanaan dikembalikan ke tanggal semuala, 16 Mei 2009 Kontingen seni bertanding, berubah lagi schedule yang sudah dibuat di acak lagi, akupun menyebar berita melalui SMS kepada seluruh teman panitia yang kebetulan nomornya sudah kusimpan sebelumnya : Isi SMS :”LOMBA DI BANDUNG JADINYA TANGGAL 16, SELEKSI DI GARUT DILAKSANAKN TANGGAL 9 MEI 2009, PANITIA KUMPUL KEMBALI HARI JUM’AT PUKUL 14.00 DI SMPN 1 GARUT” …………………….

JUM’AT, waktu yang sudah ditentukan untuk berkumpul.
Aku dihadapkan pada pekerjaan lain selaku warga Negara, Panitia Pemilihan Suara untuk pemilihan Presiden (aku dapat tugas berat jadi ketua Panitia), Pukul 13.00 aku berpapasan dengan pak Sutisna, aku sampaikan mohon maaf bila tidak bisa hadir pertemuan, karena aku takut tugasku sebagai Ketua Panitia PPS terbengkalai, kacau….
Maka, suatu kelogisan, satu pekerjaan aku kerjakan, satu pekerjaan lain aku tinggalkan, Terpaksa, Maaf saudara-saudaraku…maaf……maaf……….maaf.

Jum’at , 8 Mei 2009
Aku menghadiri acara teknikal meeteing slah satu cabang acaaa” Story Telling”
Saat yang sama aku harus mempersiapkan sleuruh kebutuhan administrtif kegiatan Festival dan Lomba………….Resiko pekerjaan memang.
Pada saat yang sama kamipun harus mempersiapkan ruangan, dekorasi panggung, susunan acara, dan lain-lain. Akupun baru bisa pulang pukul 20.00. Sampai-sampai shalatku waktunya tak karuan. Ampun Ya Alloh……….Aku bertobat.
Segenap badan terasa lelah, akupun tak kuasa menahan mata ……………….. tidurrrrrrr….rrrrrrrrrrrr….rrrrrrrrrrrrr…rrrrrrrrrrrrr…rrrrrrrrrrr

Usai shalat subuh akupun hidupkan komputert, kukerjakan semua sisa pekerjaanku, duch ternyata banyak banget, sampai-sampai kewalahan, istri dan anak bungsuku ikut membantu………..trek-trek.trek bunyi gunting memotong kertas. Lem gak ada, aku minta istri tercinta mencari lem, padahal hari masih pagi, Alhamdulillah ada toko buku yang buka………zos…..zos….zos….kamipun kembali bekerja…………..
Jarum Jam di rumahku menjukkan 0815, kring HP berdering terdengar dari seberang suara Pak Dedi ; “Sep, buruan acara rek dimulai (sep cepatan acara akan dimulai)”, Aku panic, spontan aku menjawab dengan bohong (Ampun Ya Alloh) “Siap kang, abdi di Jalan (Siap kang, saya lagi di jalan)” padahal waktu itu aku lagi ngeprint label buat Panitia dan Juri. Pukul 08.20 Aku bergegas berangkat dengan motor butut kesanyanganku..
Singkat cerita tiba di lokasi aku langsung disodori kertas susunan Acara. Tanpa istirahat, tanpa ambil napas aku langsung naik ke podium, buka acara (karena MC gal ada), blepotan kalimat yang keluar dari mulutku, Namun Alhamdulillah nampaknya tamu tidak begitu memperdulikan rangkaian ucapanku, karena mungkin mereka ingin acara segera di mulai..Singkat cerita acarapun dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Garut yng diwakili oleh Pak Agus Mulyana selaku Kabid Kesiswaan dan kelembagaan Dinas pendidikan Kab. Garut…..
Alhamdulillah, Terimakasih ya Alooh…….
Selesai? Ternyata tidak…………. Seksi dokumen berhalangan hadir (mungkin sedang ngurus sertifikasi) lalu akupun kembali sibuk mendokumentasikan semua peristiwa…prêt…prêt…prêt…. Puluhan bidakan ku arahkan ke peserta lomba, Duch capenya……
Nampaknya dari semua pekerjaan yang kulakukan, bagian inilah yang paling menguras tenaga….bayangkan….tujuh mata acara, 5 lokasi acara, dan dua lokasi tempat harus aku jambangi…….. Tapi, lagi-lagi Alloh Maha Tahu kebutuhan kita. Akupun diberi kesangupan menyelesaikan tugas dokemnatsi hingga usai acara pembagian piala kepada juara yang tampak puas setelah melalui masa-masa tegang.
Akhir acara Pak Dadi memberi wejangan kepada pemenang lomba yang masih ada (sebagian sudah keburu plang) agar bersiap-siap menghadapi tantangan berat bertanding di Provinsi. Singkat Cerita Acara selesai, Kitapun bersepakat utnuk ketemu lagi, Senin, 11 Mei 2009.

peserta story telling unjuk kabisa

Peserta Lomba Cipta Cerpen Indonesia Peserta Lomba Story Telling

S3700163Peserta Lomba Solo Vokal Peserta S3700127Lomba Vokal Group

S3700088Peserta Lomba Seni Kriya

S3700195Pak Iden dan sang Juara

Minggu pagi, 10 Mei 2009, aku menepati janji yang sudah aku sepakati dengan Erry dari Radio satrio untuk menjadi juri dalam kegiatan lomba ynag dilaksanakan oleh kru Of Air Radio Satria FMberlokasi di Pameran Pesta Rakyat Garut 2009 yang erlokasi di EX PTG yang bersebelahan dengan Dolphin Show dari Jakarta.
Bersama anakku aku keluar setelah sebelumnya ku kerjakan salah satu tugasku membuat RPP mata pelajaran Seni Rupa untuk kebutuhan sertifikasi….
Pukul 10 tepat aku sampai di pintu gerbang masuk Pameran, kusimpan motor di tempat parker, kutuju arena lomba, di depan sudah stand bye petugas pencatat pendaftaran…. Kulihat ada beberapa calon peserta yang sedang mendaftar, ternyata ia adalah Alma, Elgi bersama ayah dan ibunya, Alma dan elgi adlah murid setiaku di Sanggar yang sudah dapat meraih banyak prestasi juara…. Kulirik dengan ujung mataku… kulihat nomor peserta dengan angka 165… wah lumayan, pesertanya banyak juga… lalu akupun menelpon muridku yang lain, Ishmah anak TK Aisyah 1 yang juga sering juara. …..
Kupastikan bertanya kepada gadis manis pencatat peserta tentang jumlah peserta, aku terkejut…..lho..emang kenapa?………
Ternyata peserta berjumlah 16 orang untk dua kategori, Subhanalloh, rupanya peserta Kategori pertama, TK dan SD kelas 1dan 2 berjumlah 8 orang, dan Sd kelas 3 dan 4 beserta anak dibawah usia 10 tahun berjumlah 8 orang pula, Tadinya kau senang dengan angka delapan, tapi kalau peserta lomba berjumlah 8? ………Aku sedih……Tapi itulah kenyataan.
Show must go on
Pukul 11.00 (dari jadwal acara yang sudah direncanakan pukul 10.00) Acarapun dimulai, biasa di awal dibuka dialog kecil dengan peserta dan pembimbing supaya lomba berjalan lancer, Singkat cerita lomba berjalan…. Kekecewaanku terobati, ternyata meskipun jumlahnya kecil tapi hasilnya sangat memuaskan, sampai-sampai aku ingung menentukan juara, semua bagus………….
Tapi bagaimanapun, juara harus ada, lalu dengan hati-hati kunilai seluruh karya sampai ketemu juara, Tingkat TK dimenangkan oleh Abieza dai TK KArtina, dan Kategori SD kelas 3-4 dan usia dibawah 10 tahun dimenangkan oleh Alma.

inilah para juara Lomba Menggambar dan Mewarnai Pesta Rakyat GArut 2009 Bedahan tem Off Air Satria FM dengan dukungan dkc, dan sponsor utama Pop Ice & Nutrijell MAgic

01

Gambar karya Alma (SDIT Atikah Musaddad) juara 1 kategori SD

02

Gambar karya  Reihanisha PD (SD Sukagalih V) juara 2 kategori SD

03

Gambar karya Rifka Alia Assyifa juara 3 kategori SD

01a

Karya Juara 1 Abieza (TK KArtina)  Tingkat TK dan SD (1,2)

02a

Karya Juara 2Irviena FN (TK Gentra MAsekdas) Tingkat TK dan SD (1,2)

03a

Karya Pujy Pyrosena Putri (TK Kartina) Juara 3 Tingkat TK dan SD (1,2)

Selamat kepada para juara, Semoga prestasi ini dapat dijadikan sejarah bagi kemajuan dan prestasimu,prestasi sekolahmu, prestasi GArut, dan prestasi ibu pertiwi. Amin

Semoga Acara tak sampai disini, acara terus berlanjut di saat yang lain, di event yang lain, dengan suasana lain yang lebih meriah, Amin.
Oh ya… Aku bertemu kenalan baru, Mas Agung yang wong Jowo, orangnya POP ICE dan NUTRIJELL MAGIC yang menjadi sponsor utama acara ini.
Terimakasih mas teguh, semoga kita bisa bersua disaat yang berbeda, dengan kehangatan yang sama. Amin.
Mas Erry…………..semangat bung………….kita punya banyak waktu.OK?!

Minggu malam, 10 Mei 2009, aku mendapat undangan untuk menghadiri rapat di kampungku, agenda utamanya persiapan pemilihan RW baru……dalam acara aku harus menjadi pembawa acara……..bla…bla…..bla…………..lho apa hubungannya?
Aku diminta sebagian masyarakat untuk mencalonkan menjadi RW tapi aku tolak, karena kesibukanku dengan duniaku, dunia seni, unia eni lukis.
Semua aku serahkan kepada Alloh
Sebab Alloh berkata :Kun Payakun “ Jadilah, Maka Jadi”
Kata itulah yang aku ungkapkan kepada warga yangmemintaku ; aku tak akan mencalonkan, jika dicalonkan aku harus siap, demi bangsa, demi Negara, demi agama……Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s